Rahasia Stamina ala Menteri

Rahasia Stamina ala Menteri

\"syarifMENTERI Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Syarief Hasan sudah tidak tergolong muda lagi. Umurnya kini memasuki 63 tahun. Namun siapa sangka, dengan kesibukannya mengurusi Kementerian dan Partai Demokrat (PD), pria asal Palopo Sulawesi Selatan yang sebentar lagi merayakan ulang tahunnya ke-64 itu tetap fit.

Suami Inggrid Kansil ini yang baru saja ditunjuk jadi Ketua Harian PD berbagi rahasia kebugaran saat ditemui JPNN beberapa waktu lalu. Pria kelahiran Palopo 17 Juni 1949 itu mengatakan, kunci menjaga kesehatan adalah berolahraga.

Bagi Syarief, olahraga sudah menjadi kewajiban yang tidak boleh terlewatkan. Olahraga yang kerap ia lakukan adalah gym dan golf. Semua kegiatan ini dilakukan untuk menjaga staminanya. Bagi dia, dengan tubuh yang bugar maka akan memunculkan cara berpikir yang positif.

\"Saya berlatih gym setiap hari, satu setengah jam rata-rata sehari, kadang-kadang golf atau lari 2-3 km,\" ujar Syarief pada JPNN saat ditemui di kantornya di kawasan Kuningan, Jakarta.

Bahkan saat ke luar kota pun, Syarief tak lupa memboyong perlengkapan olahraganya. \"Kalau keluar kota bawa perlengkapan olahraga seperti kaos, sandal, celana training, sepatu kets, celana pendek,\" jelasnya.

Untuk golf biasanya dilakukan Syarief seminggu sekali, bersama kolega, keluarga ataupun menemani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. \"Ya macem-macem, sama kolega, keluarga, kadang-kadang temenin pak Presiden. Biasanya di Halim Raya dan Sentul,\" tutur Syarief.

Syarief meyakini dengan melakukan olahraga, banyak manfaat yang diperoleh. \"Pertama, stamina dan cara berfikir bagus, karena metabolisme tubuh terus bergerak. Bayangkan saja kalau setiap hari nonstop olahraga, itu seperti mandi. Metabolisme akan bekerja, racun keluar. Itu lah gunanya olahraga. Selain rutin berolahraga, makan juga harus teratur,\" katanya. (chi/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: